Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN FOOT PAINTING DALAM MENGENAL WARNA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KENTEN PERMAI PALEMBANG

Sari, Riana (2022) PENGEMBANGAN FOOT PAINTING DALAM MENGENAL WARNA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KENTEN PERMAI PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. Cover & Lembar Pengesahan.pdf

Download (204kB)
[img] Text
a. Abstrak-Indonesia.docx

Download (19kB)
[img] Text
f. Bab I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
k. Daftar Pustaka.pdf

Download (169kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui kemampuang anak mengenal warna, mengetahui pelaksanaan foot painting dan meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia 5-6 tahun di TK Kenten Permai Palembang. Penelitian ini dilakukan di TK Kenten Permai Palembang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 15 anak kelas B di TK Kenten Permai. Metode penelitian ini menggunakan meteode research and development atau pengembangan dengan model pengembangan Bord and Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan foot painting mampu mengenalkan warna pada pada anak usia 5 – 6 tahun di TK Kenten Permai Palembang. Foot painting ini mampu mengenalkan konsep pencampuran warna primer, sehingga menjadi warna yang sekunder. Kegiatan ini juga dapat membantu anak usia 5 – 6 tahun di TK Kenten Permain Palembang untuk mengenal warna dan pencampuran warna karena di dalam kegiatan foot painting ini anak dapat bebas memilih dan mencampur cat warna yang akan dipakai untuk kegiatan melukisnya. Anak belajar mengenal warna dan bisa mencampurnya menjadi warna baru. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang jelas terhadap pengembangan kemampuan mengenal warna pada anak usia 5 – 6 tahun di TK Kenten Permai Palembang pada kegiatan uji coba tahap pertama dalam kategori mulai berkembang 64%. Sedangkan pada kegiatan uji coba tahap kedua setelah dilakkannya pengembangan, hasil pengembangan dalam kategori berkembang sesuai harapan 90%. foot painting ini dapat digunakan anak secara langsung sehingga meningkatkan minat dan semangat belajar anak yang praktis untuk digunakan karena mudah diingat, menarik perhatian anak karena warna yang digunakan media warna cerah sehingga membuat belajar anak menyenangkan dalam mengenal warna. Kata Kunci: Pengembangan, Foot Painting, Mengenal Warna.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorFauzi, TatyUNSPECIFIED
ContributorSari, MardianaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Selvi Puspitasari
Date Deposited: 15 Aug 2024 07:48
Last Modified: 15 Aug 2024 07:48
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/874

Actions (login required)

View Item View Item