Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI MEDIA TEKA-TEKI SILANG BERGAMBAR USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MUTIARA HATI

ROSNANI, MELLI (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI MEDIA TEKA-TEKI SILANG BERGAMBAR USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MUTIARA HATI. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
cover dan lembar pengesahan Melli Rosnani.pdf

Download (187kB)
[img] Text
abstrak b indonesia.docx

Download (30kB)
[img] Text
bab 1 melli.pdf

Download (150kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (102kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Media Teka-Teki Silang Bergambar Usia 5-6 Tahun di PAUD Mutiara Hati”. Lokasi penelitian dilaksanakan di PAUD Mutiara Hati, alamat di Jalan Sei Rengit RT. 14 RW. 05 Talang Dabuk Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Adapun populasi berjumlah 42 anak dan sampel penelitiannya anak kelompok B khususnya di kelas B2 yang berjumlah 20 anak dimana terdapat 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan dengan rentang usia antara 5-6 tahun. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan model penelitian tindakan menurut Kemmis and Taggart yang berfokus pada kemampuan menulis permulaan anak. Hasil penelitian tentang kemampuan menulis permulaan anak di siklus I memperoleh rata-rata tingkat capaian perkembangan (TCP) skor 9,8 dikategori mulai berkembang. Selanjutnya terlihat di siklus I skor rata-rata tingkat capaian perkembangan (TCP) kemampuan menulis permulaan anak memperoleh skor 30,75 dan di prasiklus skornya 20,95 hal ini menunjukkan adanya peningkatan. Sedangkan di siklus II kemampuan menulis permulaan keseluruhan anak sebesar 41,4 dikategori berkembang sesuai harapan. Sehingga di siklus II terjadi peningkatan sebesar 10,65. Sehingga disimpulkan pada akhir siklus II, penelitian dikatakan berhasil karena kriteria keberhasilan sudah tercapai sesuai kesepakatan peneliti bersama kolabolator. Kata Kunci : Kemampuan menulis permulaan, media, dan media teka-teki silang bergambar

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLian, BukmanUNSPECIFIED
ContributorSari, MardianaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Selvi Puspitasari
Date Deposited: 15 Aug 2024 07:48
Last Modified: 15 Aug 2024 07:48
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/873

Actions (login required)

View Item View Item