Makdalena, Frisda (2023) PENGARUH METODE ROLE PLAYING MENGGUNAKAN CERITA KETELADANAN PAHLAWAN BANGSA TERHADAP PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 3 PULAU RIMAU. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
d. COVER-Lembar Pengesahan.pdf Download (45kB) |
|
Text
a. ABSTRAK -Indonesia.pdf Download (113kB) |
|
Text
f. BAB 1.pdf Download (38kB) |
|
Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode role playing menggunakan cerita keteladanan pahlawan bangsa terhadap nilai-nilai Pancasila pada siswa kelas IV di SD Negeri 3 Pulau Rimau. dengan metode eksperimen yaitu Pre-Experimental Desain dengan tipe desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV berjumlah 23 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik total sampling yaitu sampel adalah semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Instrumen tes yang digunakan adalah tes essay berupa pretest dan posttest sebanyak 5 soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh metode role playing menggunakan cerita keteladanan pahlawan bangsa terhadap penanaman nilai-nilai Pancasila pada siswa kelas IV di SD Negeri 3 Pulau Rimau Tahun 2023 dengan perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 56,09 dan hasil posttest sebesar 90,00. Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh thitung > ttabel atau -13,597 > 2,074 dengan taraf signifikan (a) 0,05. Sesuai dengan pengujian hipotesis, yakni jika thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2024 04:02 | |||||||||
Last Modified: | 19 Jul 2024 04:02 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/84 |
Actions (login required)
View Item |