Indah, Amallia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM MENGGUNAKAN JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA DI KELAS I SD NEGERI 03 TANJUNG BATU. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
d. COVER, .pdf Download (17kB) |
|
Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf Download (124kB) |
|
Text
e. BAB I.pdf Download (318kB) |
|
Text
j. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui pengaruh model pembelajaran PAIKEM menggunakan jarimatika terhadap kemampuan berhitung siswa di kelas I SD Negeri 03 Tanjung Batu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan jenis Quasi Eksperimental Design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu model pembelajaran PAIKEM menggunakan jarimatika (X) dan variabel dependen yaitu kemampuan berhitung siswa (Y). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas I - VI SD Negeri 03 Tanjung Batu yang berjumlah 376 siswa dan jumlah sampel sebanyak 41 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Instrumen untuk mengukur kemampuan berhitung menggunakan pretest dan posttest yang berbentuk soal isian. Kelompok kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 71, dan posttest sebesar 88.88 dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 68,14 dan posttest sebesar 75.24. Hasil uji t dengan Sig 0.000 < 0.05 dan hasil t hitung 4.038 > t tabel 2.023, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PAIKEM menggunakan jarimatika terhadap kemampuan berhitung siswa di kelas I SD Negeri 03 Tanjung Batu
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2024 03:59 | |||||||||
Last Modified: | 19 Jul 2024 03:59 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/79 |
Actions (login required)
View Item |