Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS 3 SDN 25 GELUMBANG PADA MATERI BENCANA ALAM

EGI, PRABOWO (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS 3 SDN 25 GELUMBANG PADA MATERI BENCANA ALAM. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (258kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (76kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (19kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian Bagaimana implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) pada materi bencana alam, khususnya bencana banjir dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 3 SDN 25 Gelumbang ?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) pada materi bencana alam di kelas 3 SDN 25 Gelumbang. Fokus penelitian mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proses pembelajaran yang dijalankan dengan pendekatan PjBL. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dihadapi dalam menerapkan PjBL di tingkat dasar, khususnya pada materi bencana banjir. penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini adalah observasi, Wawancara mendalam, dokumentasi. Berdasarkan temuan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) pada materi bencana alam, khususnya bencana banjir, mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 3 SDN 25 Gelumbang. PjBL meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa, mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, mendorong kerja kolaboratif, memperkaya pemahaman kontekstual, memanfaatkan teknologi, dan mengintegrasikan proses refleksi yang konstruktif. Dengan demikian, PjBL merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorFarhan, YadiNIDN0029057708
ContributorJuaidah, AgustinaNIDN0222088202
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 10 Aug 2024 03:00
Last Modified: 10 Aug 2024 03:00
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/761

Actions (login required)

View Item View Item