Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTING CLASS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN 1 RANTAU BAYUR KABUPATEN BANYUASIN

Fenny, Parera (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTING CLASS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN 1 RANTAU BAYUR KABUPATEN BANYUASIN. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. Cover + Lembar Pengesahan.pdf

Download (268kB)
[img] Text
a. ABSTRAK- Indonesia.pdf

Download (125kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB)

Abstract

Masalah dari penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi yaitu siswa merasa jenuh pada saat proses pembelajaran dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA rendah dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) disebabkan oleh siswa yang kurang peka dan mengenali lingkungan secara langsung, sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidak pengaruh metode pembelajaran outing class terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN 1 Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin. Metode penelitian yang digunakan ialah Quasi Eksperimental Design dengan bentuk pretest-posttest control group design. Adapun pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sample random sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t (independent Samples T-test). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan metode pembelajaran outing class berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi gaya dan gerak di kelas IV, dengan nilai rata-rata pottest kelas eksperimen 87,40 yang lebih unggul dari posttest kelas kontrol 70,90. Dari perhitungan uji-t yang telah dilakukan setelah tindakan diperoleh hasil dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa karena nilai nilai signifikan lebih kecil dari 0,05, maka HO ditolak dan Ha diterima artinya data tersebut menunjukkan ada pengaruh metode pembelajaran outing class terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorKabib, SholehNIDN0221038902
ContributorSylvia Lara, SyaflinNIDN0201108003
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:50
Last Modified: 19 Jul 2024 03:50
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/76

Actions (login required)

View Item View Item