Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS MODEL PROJECT BASED LEARNING PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV SD NEGERI 89 PALEMBANG

Della, Astarina (2024) ANALISIS MODEL PROJECT BASED LEARNING PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV SD NEGERI 89 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. COVER+SURAT PENGESAHAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text
A. ABSTRAKK INDONESIA.pdf

Download (94kB)
[img] Text
F. BAB 1.pdf

Download (86kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)

Abstract

Berdasarkan penelitian bersama wali kelas bahwa siswa kelas IV terdapat siswa yang kurang berpartisipasi aktif kreatif dalam proses pembelajaran. Siswa sering merasa bosan dalam kegiatan pembelajaran dan metode ceramah yang digunakan guru membuat siswa mengalami kesulitan,sulit memahami materi yang disampaikan.permasalahan yang terjadi di kelas IV B peneliti memutuskan untuk melakukan penelitian dikelas tesebut pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran yang berbeda. penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian dapat dijelaskan bahwa analisis penerapan model project based learning tepat digunakan dalam pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka materi bangun datar dengan cara pembuatan project ciri-ciri bangun datar menggunakan tusuk sate dan plastisin.hal ini tepat dengan penguatan profil pelajar pancasila yang ada pada kurikulum merdeka,salah satunya dapat membentuk kerja sama dan dapat meningkatkan kreatifitas siswa selama proses pembelajaran.Dari tahap observasi,kegiatan,dan wawancara dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning sangat tepat digunakan untuk proses pembelajaran,karena sudah sesuai dengan kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran sudah diterapkan langkah proses pembelajaran sehingga saat penyampaian materi siswa bisa mudah memahami,menjadi kreatif,siswa bisa berkomunikasi dalam proses pembuatan project tentang materi ciri bangun datar.Dan mereka lebih mudah untuk memaparkan hasil yang telah mereka buat secara berkelompok dengan sangat kreatif.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorSukmaniar, SukmaniarNIDN0226038903
ContributorSunedi, SunediNIDN0203058801
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 10 Aug 2024 02:29
Last Modified: 10 Aug 2024 02:29
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/743

Actions (login required)

View Item View Item