Wulandari, Wulandari (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BERDASARKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SD NEGERI 23 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
Cover dan pengesahan (Wulandari).pdf Download (425kB) |
|
Text
ABSTRAK INDO (Wulandari)..pdf Download (123kB) |
|
Text
BAB I (Wulandari).pdf Download (78kB) |
Abstract
Problem Based Learning (PBL) adalah konsep pembelajaran yang dapat memungkinkan pendidik melalui lingkungan pembelajaran yang dimulai dengan masalah yang relevan bagi peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen, dengan populasi seluruh kelas I sampai VI SD Negeri 23 Palembang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling (teknik sampel acak) yaitu cluster sampling (area sampling) sehingga didapat sampel kelas V.A sebagai kelas eksperimen dan V.B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep dan angket self regulated learning. Teknik analisis data menggunakan Anova dua jalur. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kesimpulan (1) Ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa SD Negeri Palembang (2) Ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep berdasarkan Self Regulated Learning siswa SD Negeri 23 Palembang (3) Terdapat interaksi model pembelajaran PBL dan Self Regulated Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa SD Negeri 23 Palembang.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 28 Sep 2024 07:12 | |||||||||
Last Modified: | 28 Sep 2024 07:12 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/610 |
Actions (login required)
View Item |