EEN, SANTIYA (2024) PENGARUH MEDIA PAPAN PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KEPADA SISWA KELAS III SD NEGERI 83 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
d. COVER + Lembar Pengasahan.pdf Download (240kB) |
|
Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf Download (94kB) |
|
Text
f. BAB I.pdf Download (416kB) |
|
Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media papan puzzle dalam pembelajaran matematika kepada siswa kelas III SD Negeri 83 Palembang. Metode yang digunakan metode eksperimen dengan jenis true experimental design. Adapun design yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 83 Palembang yang berjumlah 113 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 59 siswa yaitu 30 sebagai kelas eksperimen dan 29 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 73,79, sedangkan kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata posttest 80,66. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa di kelas eksperimen lebih tinggi. Berdasarkan hasil analisis hipotesis menggunakan uji-t dengan rumus t-test sampel related diperoleh t hitung > t tabel yaitu 2,538 > 1,697 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehinggga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh penggunaan media papan puzzle terhadap pemahaman konsep matematika kepada siswa kelas III SD Negeri 83 Palembang.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2024 04:15 | |||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 04:15 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/531 |
Actions (login required)
View Item |