Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SENI RUPA MEMBUAT KARYA KOLASE MENGGUNAKAN KERTAS ORIGAMI MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 06 PAYARAMAN

Suci, Wulandari (2022) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SENI RUPA MEMBUAT KARYA KOLASE MENGGUNAKAN KERTAS ORIGAMI MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 06 PAYARAMAN. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (491kB)
[img] Text
A. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini mengemukakan efektifitas pembelajaran seni rupa membuat karya kolase menggunakan kertas origami melalui metode demonstrasi pada siswa kelas IV SD Negeri 06 Payaraman. Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran SBdP dengan teknik menempel, peserta didik tidak bersungguh-sungguh dalam kegiatan belajar, kurangnya perhatian peserta didik pada saat guru menjelaskan materi pembelajaran dengan teknik menempel dalam membuat sebuah karya serta kurangnya kreativitas peserta didik dalam menciptkan sebuah karya. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah efektifitas pembelajaran seni rupa membuat karya kolase menggunakan kertas origami melalui metode demonstrasi pada siswa kelas IV SD Negeri 06 Payaraman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran seni rupa membuat karya kolase menggunakan kertas origami melalui metode demonstrasi pada siswa kelas IV SD Negeri 06 Payaraman Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitia ini adalah uji prasyarat yang terdiri dari dua yaitu uji normalitas data dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil pelaksanaan pretest pada penelitian ini diperoleh bahwa kelompok kelas yang diberi treatment dengan tidak menggunakan kertas origami tergolong rendah dengan rata-rata 52,85 sedangkan hasil pelaksanaan posttest pada kelompok kelas yang diberi treatment dengan menggunakan kertas origami diperoleh hasil yang signifikan dengan rata-rata 75,92. Hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan kertas origami melalui metode demonstrasi efektif digunakan pada pembelajaran SBdP membuat karya kolase.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorM., FerdiansyahNIDN0223048801
ContributorRobert Budi, LaksanaNIDN0223048601
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:40
Last Modified: 19 Jul 2024 03:40
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item View Item