Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MAPAJA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH MERANJAT

Berliana Putri, Ramadhan (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MAPAJA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH MERANJAT. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER & PENGESAHAN BERLIANA.pdf

Download (361kB)
[img] Text
ABSTRAK INDO BERLIANA.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB 1 BERLIANA.pdf

Download (436kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena pembelajaran masih dilaksankan secara konvensional serta menggunakan media pembelajaran seadanya sehingga hasil belajar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas II SD Muhammadiyah Meranjat yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Mapaja. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu True Exsperimental Design dengan menggunakan bentuk tes Pretest-Posttest Control Group Design. Tes terdiri dari 10 soal berbentuk pilihan ganda. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen yang berjumlah 16 siswa dan kelas kontrol berjumlah 17 siswa. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung 2,455 sedangkan ttabel 1,697 sehingga Ho ditolak Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Mapaja berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Matematika materi membaca tanda waktu pada kelas II SD Muhammadiyah Meranjat.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorTreny, HeraNIDN0219019101
ContributorIswahyuni, WulandariNIDN0226069301
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 24 Jul 2024 03:53
Last Modified: 24 Jul 2024 03:53
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/500

Actions (login required)

View Item View Item