RISTINA, DAHLIA (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 5 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
| ![[img]](http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text A. ABSTRAK-INDONESIA.pdf Download (121kB) | 
| ![[img]](http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text D. COVER + HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (218kB) | 
| ![[img]](http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text F. BAB I.pdf Download (392kB) | 
| ![[img]](http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text K. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (393kB) | 
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tapahan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas V SD Negeri 5 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kevalidan, analisis kepraktisan dan analisis keefektifan. Proses analisis validasi ini divalidasi oleh 3 orang pakar atau ahli yaitu ahli materi, ahli media dan ahli bahasa dengan rata-rata 85,45% dikategorikan sangat valid. Proses analisis kepraktisan dengan mengujicobakan kepada peserta didik pada tahap uji perorangan (one to one) menggunakan 3 peserta didik dan tahap uji coba kelompok kecil (small group) menggunakan 8 peserta didik, setelah diujicobakan mendapatkan skor rata-rata 91,09% dikategorikan sangat praktis. Proses analisis keefektifan diujicobakan oleh peserta didik melalui uji lapangan (field test) yaitu seluruh peserta didik di kelas, setalah diujicobakan mendapat Gainscore rata-rata 0,81 dikategorikan sangat efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa E-Modul berorientasi pendekatan Discovery Learning dikategorikan sangat valid, praktis dan efektif, dengan ini pengembangan E-Modul berorientasi pendekatan Discovery Learning untuk pembelajaran IPA kelas V pada materi Siklus Air dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: | 
 | |||||||||
| Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
| Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
| Date Deposited: | 19 Jul 2024 03:33 | |||||||||
| Last Modified: | 19 Jul 2024 03:33 | |||||||||
| URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/50 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
