Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 5 PALEMBANG

RISTINA, DAHLIA (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 5 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
A. ABSTRAK-INDONESIA.pdf

Download (121kB)
[img] Text
D. COVER + HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (218kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tapahan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas V SD Negeri 5 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kevalidan, analisis kepraktisan dan analisis keefektifan. Proses analisis validasi ini divalidasi oleh 3 orang pakar atau ahli yaitu ahli materi, ahli media dan ahli bahasa dengan rata-rata 85,45% dikategorikan sangat valid. Proses analisis kepraktisan dengan mengujicobakan kepada peserta didik pada tahap uji perorangan (one to one) menggunakan 3 peserta didik dan tahap uji coba kelompok kecil (small group) menggunakan 8 peserta didik, setelah diujicobakan mendapatkan skor rata-rata 91,09% dikategorikan sangat praktis. Proses analisis keefektifan diujicobakan oleh peserta didik melalui uji lapangan (field test) yaitu seluruh peserta didik di kelas, setalah diujicobakan mendapat Gainscore rata-rata 0,81 dikategorikan sangat efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa E-Modul berorientasi pendekatan Discovery Learning dikategorikan sangat valid, praktis dan efektif, dengan ini pengembangan E-Modul berorientasi pendekatan Discovery Learning untuk pembelajaran IPA kelas V pada materi Siklus Air dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorPatricia H.M., LubisNIDN0021087601
ContributorAli, FakhrudinNIDN0226079301
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:33
Last Modified: 19 Jul 2024 03:33
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/50

Actions (login required)

View Item View Item