Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TND UNO STACKO IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 02 GUNUNG JATI

Tri Malia, Febrianti (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TND UNO STACKO IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 02 GUNUNG JATI. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (113kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (125kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran TND Uno Stacko IPAS terhadap hasil belajar siswa kelas v di SD Negeri 02 Gunung Jati. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis penelitian True Eksperimental Design Posttest Only Control Design. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V, kelas V.A berjumlah 26 siswa dan kelas V.B berjumlah 25 siswa tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes soal pilihan ganda berjumlah 25 soal. Instrumen tersebut bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V.A yang menggunakan media pembelajaran TND Uno Stacko IPAS dan siswa kelas V.B yang menggunakan media konvensional. Validitas instrumen tes diuji dengan rumus Pearson Product Moment dan untuk mengetahui reliabilitasnya diuji dengan metode Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan uji-t (Independent Sample T-test) , yang sebelumnya telah diketahui normalitas dan homogenitasnya. Nilai rata-rata posttest kelas eskperimen sebesar 89,23 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 60,48. Hasil uji-t diperoleh diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai signifikan 0,000 <0,05 dan diperoleh nilai t_hitung=8.805 dimana t_tabel=1.676 dengan df=(n1+n2)-2 dimana n=51 (jumlah sampel), jadi df=49. Sehingga dapat disimpulkan t_hitung=8.805 > t_tabel=1.676 maka berdasarkan pengujian hipotesis H_0 ditolak dan H_a diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran TND Uno Stacko IPAS dan mereka yang menggunakan media konvensional.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorDjunaidi, DjunaidiNIDN0002036206
ContributorMasagus, FirdausNIDN0226098202
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:58
Last Modified: 22 Jul 2024 02:58
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/401

Actions (login required)

View Item View Item