Nadya, Andarasta (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN WAYANG KREASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 171 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
4. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (35kB) |
|
Text
1. Abstrak-Indonesia.pdf Download (76kB) |
|
Text
6. BAB I.pdf Download (106kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (40kB) |
Abstract
Model Role Playing adalah model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk melakukan suatu kegiatan dengan memainkan peran tertentu. Role playing juga merupakan model pembelajaran yang dapat menjadikan siswa aktif dalam kegiatan belajar dengan memerankan didalam kehidupan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu apakah penggunaan model role playing berbantuan wayang kreasi efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV Sd Negeri 171 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 27 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B yang berjumlah 25 sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan adalah True Experimental Design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes. Teknik analisis data dengan menggunakan uji normalitas, uj homogen, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima dengan signifikan diperoleh 0,000 maka model role playing berbantuan wayang kreasi efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sd Negeri 171 Palembang.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2024 02:56 | |||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2024 02:56 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/394 |
Actions (login required)
View Item |