Kherin, Pujana (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TEHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS V SD NEGERI 144 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
4. Cover + Pengesahan.pdf Download (55kB) |
|
Text
1. ABSTRAK.pdf Download (26kB) |
|
Text
6. BAB I.pdf Download (123kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (49kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa serta untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kemampuan pemecahan masalah dengan disposisi matematis siswa kelas V SD Negeri 144 Palembang. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian posttest-only control design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 144 Palembang yang berjumlah 119 siswa. Sampel yang dipilih berjumlah 60 siswa yang dipilih secara random yaitu, kelas V.A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 29 siswa dan kelas V.B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes essay kemampuan pemecahan masalah dan angket disposisi matematis. Teknik analisis menggunakan uji MANOVA dengan berbantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh signifikan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa kelas V, dan 2) terdapat hubungan signifikan kemampuan pemecahan masalah dengan disposisi matematis siswa kelas V
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2024 02:55 | |||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2024 02:55 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/392 |
Actions (login required)
View Item |