Hasmawati, Hasmawati (2023) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 17 KAYUAGUNG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
d. Cover & Lembar Pengesahan.pdf Download (42kB) |
|
Text
a. Abstract Indonesia.pdf Download (95kB) |
|
Text
f. BAB I.pdf Download (215kB) |
|
Text
k. Daftar Pustaka.pdf Download (202kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Mind Mapping dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri 17 Kayuagung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Pada sampel penelitian menggunakan total sampling yang dimana jumlah siswa kelas VA 25 dan kelas VB 26 siswa. Dengan jumlah 51 siswa. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis hasil penelitian adalah uji-t. berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode Mind Mapping dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional siswa kelas V SD Negeri 17 Kayuagung. Hal ini terbukti dengan hasil thitung lebih dari pada ttabel yaitu 6,189>1,666 dengan perolehan nilai rata-rata hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas control. Dengan demikian metode Mind Mapping memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 17 Kayuagung tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2024 03:26 | |||||||||
Last Modified: | 19 Jul 2024 03:26 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/39 |
Actions (login required)
View Item |