BERA, PURNAMA (2024) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERIN 216 PALEMBAMG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
cover+pengesahan-1-2 (1).pdf Download (99kB) |
|
Text
abstrak indo (1).pdf Download (110kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (345kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui adakah pengaruh pendekatan saintifik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi belajar IPA kelas V SD Negeri 216 Palembang. Penelitian ini menggunkan metode penelitian True Experimental Design dengan PostTest-Only Control Group Design. Pada penelitian ini adalah kelas V.A dengan jumlah peserta didik 25 peserta didik sebagai kelas kontrol, sedangkan kelas V.B dengan jumlah peserta didik 25 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam kegiatan penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent simple t-test. Pada hasil posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan setelah menerapkan pendekatan saintifik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, analisis data yang diperoleh 0,000 < 0,05 maka H_o ditolak dan H_a diterima. Jadi, setelah melakukan pengujian SPPS.26 dapat disimpulkan bahwa terdapat terdapatnya pengaruh yang signifikan terhadap penerapan pendekatan saintifik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 216 Palembang.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2024 02:38 | |||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2024 02:38 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/377 |
Actions (login required)
View Item |