Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

SURVEI PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI TEKS NARASI DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 227 PALEMBANG

Raudha, Putri Maharani (2025) SURVEI PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI TEKS NARASI DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 227 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (4kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase tingkat pemahaman siswa terhadap materi teks narasi dalam pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan angket. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa. Pemahaman siswa dianalisis berdasarkan dua aspek, yaitu kesesuaian isi dengan struktur teks dan aspek kebahasaan. Hasil penelitian tes menunjukkan, pada aspek kesesuaian isi dengan struktur teks, 7 siswa (13%) berada pada kriteria sangat baik, 21 siswa (40%) pada kriteria baik, 12 siswa (23%) pada kriteria cukup, dan 12 siswa (23%) pada kriteria kurang, dan tidak ada siswa yang berada pada kriteria sangat kurang. Pada aspek kebahasaan, tidak ada siswa yang berada pada kriteria sanga baik, 9 siswa (17%) pada kriteria baik, 26 siswa (50%) pada kriteria cukup, 17 siswa (33%) pada kriteria kurang, dan tidak ada siswa yang berada pada kriteria sangat kurang. Hasil angket menunjukkan, pada aspek kesesuaian isi dan struktur teks, 12 siswa (23%) berada pada kriteria sangat baik, 17 siswa (33%) pada kriteria baik, 16 siswa (31%) pada kriteria cukup, 7 siswa (13%) pada kriteria kurang, dan tidak ada siswa yang berada pada kriteria sangat kurang. Sementara itu, pada aspek kebahasaan, sebanyak 10 siswa (19%) berada pada kriteria sangat baik, 23 siswa (44%) pada kriteria baik, 15 siswa (29%) pada kriteria cukup, 4 siswa (8%) pada kriteria kurang, dan tidak ada siswa yang berada pada kategori sangat kurang. Dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman siswa berada pada kriteria baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorIdris, MuhamadNIDN0212126801
ContributorPrasrihamni, MegaNIDN0226039101
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 22
Date Deposited: 28 Aug 2025 03:42
Last Modified: 28 Aug 2025 03:42
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3668

Actions (login required)

View Item View Item