Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 2 SD NEGERI 3 TOMAN

ROMADANI, NABILAH (2025) PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 2 SD NEGERI 3 TOMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
COVER DAN PENGESAHAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB 1(1).pdf

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf

Download (125kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap keaktifan belajar siswa kelas 2 SD Negeri 3 Toman pada pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya materi cerita dongeng. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang masih didominasi oleh metode konvensional. Metode role playing dipilih karena dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, mendorong partisipasi aktif, serta meningkatkan pemahaman dan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental jenis one group pretest-posttest. Subjek penelitian siswa kelas 2 SD Negeri 3 Toman. Teknik pengumpulan data menggunakan angket,observasi dan dokumentasi serta dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada keaktifan belajar siswa setelah diterapkan metode role playing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keaktifan siswa sebelum penerapan metode role playing adalah 65,25%, sedangkan setelah penerapan meningkat signifikan menjadi 95,00%. Analisis menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari metode role playing terhadap keaktifan belajar siswa. Dengan demikian, metode role playing efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di sekolah dasar, dan dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran aktif di kelas rendah. Kata kunci: role playing, keaktifan belajar, pembelajaran Bahasa Indonesia, sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHETILANIAR, HETILANIARUNSPECIFIED
ContributorNINDIATI, DINA SRIUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 38
Date Deposited: 28 Aug 2025 03:35
Last Modified: 28 Aug 2025 03:35
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3657

Actions (login required)

View Item View Item