Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PBL, PjBL DAN INQUIRY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMP

INDILLAH PUTRI, AULIA (2024) PENGARUH MODEL PBL, PjBL DAN INQUIRY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMP. skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
4. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (264kB)
[img] Text
1. Abstrak Bahasa Indonesia.docx

Download (14kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada siswa SMP. Selain itu juga penggunaan model pembelajaran yang belum sesuai yang dianjurkan oleh kurikulum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara model PBL, PjBL, dan Inquiry Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Oku Timur dengan sampel pada kelas VII.1 kelas PBL, VII.2 kelas PjBL dan VII.3 Kelas Inquiry Learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah postest kemampuan pemecahan masalah dengan bentuk tes uraian. Teknik analisis data menggunakan anava satu jalur dan uji lanjut scheffe. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 1) Ada pengaruh yang signifikan antara model PBL,PjBL dan Inquiry Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah. 2) Kelas yang diajar menggunakan model PjBL dan PBL lebih baik kemampuan pemecahan masalahnya dari pada kelas yang diajar dengan menggunakan Inquiry Learning. Kata Kunci : Kemampuan pemecahan masalah, PBL, PjBL, Inquiry Learning

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
CollaboratorROHANA, ROHANAUNSPECIFIED
CollaboratorDESTINIAR, DESTINIARUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Feri Hidayat
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:46
Last Modified: 18 Jul 2024 07:46
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/365

Actions (login required)

View Item View Item