Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES TERHADAP MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 14 PALEMBANG

SUCI, APRILIA (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES TERHADAP MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 14 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (46kB)
[img] Text
a. ABSTRAK-Indonesia.pdf

Download (113kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (525kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunan multimedia pembelajaran interaktif berbasis google sites terhadap minat belajar siswa kelas V SDN 14 Palembang. Dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar IPA siswa Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design. Dengan desain Posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 14 Palembang Sampel yaitu kelas V.A yang berjumlah 35 siswa dan V.B berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik uji coba isntrumen penelitian menggunakan validitas, reliabilitas. Berdasarkan hasil angket minat belajar dengan menggunakan Multimedia pembelajaran interaktif berbasis google sites dapat diketahui bahwa hasil angket minat belajar siswa kelas eksperimen yaitu 88,6%. Sedangkan hasil angket minat belajar siswa kelas kontrol yaitu 59,2%. Teknik analisis data dalam penelitian diolah menggunakan uji normalitas diperoleh nilai sig 0,200 > 0,05 untuk kelas eksperimen, dan 0,121 > 0,05 untuk hasil nilai kelas kontrol. Selanjutnya uji homogenitas yaitu nilai sig 0,284 > 0,05, dan uji Pairedt Sample T-Test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima, berarti ada pengaruh yang signifikan penggunaan multimedia pembelajaran interaktif berbasis google sites terhadap minat belajar IPA siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorM. Taheri, AkbarNIDN0211118802
ContributorArief, KuswidyanarkoNIDN0217039001
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:30
Last Modified: 22 Jul 2024 02:30
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/355

Actions (login required)

View Item View Item