Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD NEGERI 22 RAMBANG NIRU

Zulaeha, Zulaeha (2025) ANALISIS KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD NEGERI 22 RAMBANG NIRU. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (460kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (527kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis keterampilan membaca siswa kelas II SD Negeri 22 Rambang Niru setelah diterapkannya media pembelajaran Wordwall dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Fokus penelitian ini adalah bagaimana media Wordwall memengaruhi kemampuan siswa dalam memahami teks, pengucapan kata, intonasi membaca, kelancaran membaca, serta minat terhadap aktivitas membaca. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi guru kelas II dan 20 orang siswa kelas II.B. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi sumber dan teknik digunakan untuk menjamin keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Wordwall berhasil menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Siswa menunjukkan peningkatan dalam keterampilan membaca, termasuk dalam hal pengenalan kata, penyusunan kalimat, membaca dengan intonasi yang tepat, serta pemahaman terhadap isi bacaan. Selain itu, siswa menjadi lebih termotivasi dan antusias dalam mengikuti pembelajaran membaca. Penerapan Wordwall juga memberikan pengalaman belajar yang lebih bervariasi dan membantu guru dalam mengatasi keterbatasan media pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Penelitian Kualitatif, Keterampilan Membaca, Wordwall, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorIswana, BayuUNSPECIFIED
ContributorNurlela, NurlelaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 90
Date Deposited: 27 Aug 2025 01:47
Last Modified: 27 Aug 2025 01:47
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3527

Actions (login required)

View Item View Item