Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS III SDN 137 PALEMBANG

Ardiansyah, Rizal (2025) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS III SDN 137 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
cover rizal.pdf

Download (244kB)
[img] Text
abstrak rizal.pdf

Download (245kB)
[img] Text
Bab 1 rizal.pdf

Download (407kB)
[img] Text
daftar pustaka rizal.pdf

Download (381kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sosial siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas III SDN 137 Palembang. Literasi sosial merupakan bagian penting dalam pembentukan karakter siswa yang mencakup empat indikator utama: pemahaman diri sendiri, pemahaman dan pengelolaan emosi, pemahaman situasi sosial, serta pembentukan hubungan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan yang cukup baik dalam memahami diri sendiri dan mengelola emosi, terutama dalam situasi sosial yang nyata seperti menolong teman atau bekerja sama dalam kelompok. Pemahaman terhadap situasi sosial dan kemampuan membangun hubungan juga terlihat berkembang, meskipun masih terdapat kesulitan dalam merespons kondisi sosial yang lebih kompleks dan tidak eksplisit, seperti tekanan teman sebaya atau konflik sosial tersembunyi. Capaian paling tinggi terdapat pada indikator empati dan kerja sama, sedangkan pemahaman terhadap masalah sosial dan keberanian moral menunjukkan capaian yang lebih rendah. Dengan demikian, pembelajaran IPAS diharapkan dapat lebih dikembangkan secara kontekstual dan reflektif untuk meningkatkan kepekaan sosial siswa secara menyeluruh. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi nilai-nilai sosial dalam proses pembelajaran sejak dini agar siswa tidak hanya berkembang secara kognitif, tetapi juga secara sosial dan emosional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMurjainah, MurjainahUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDHermansyah, HermansyahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 01
Date Deposited: 21 Aug 2025 04:39
Last Modified: 21 Aug 2025 04:39
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3497

Actions (login required)

View Item View Item