Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI CINTA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 231 PALEMBANG

HANDAYANI, UMI (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI CINTA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 231 PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
COVER.pdf

Download (63kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi cinta Indonesia di kelas V SD Negeri 231 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode True Eksperimen dengan bentuk Design yaitu Posttest Control Group Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VA dan kelas VB yang berjumlah 50 peserta didik, sampel penelitian menggunakan jenis penelitian Purposive Sampling dengan jumlah total sampel 50 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Berdasarkan pada data hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan didapati hasil rata-rata sebesar 66,4, sedangkan rata-rata kelas eksperimen yang diberikan perlakuan pembelajaran berdiferensiasi terdapat nilai sebesar 74,4. Selanjutnya dengan melihat nilai signifikan hasil uji paired sample t-test diperoleh hasil signifikansi sebesar 0,002. Berdasarkan kriteria asumsi pada data di atas nilai signifikan adalah 0,002 < 0,005 maka Ha, pada penelitian ini diterima dan H0 di tolak, maka dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi Cinta Indoneia di kelas V SD Negeri 231 Palembang. Kata Kunci: Pembelajaran berdiferensiasi, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHERMANSYAH, HERMANSYAHUNSPECIFIED
ContributorPRASRIHAMNI, MEGAUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 153
Date Deposited: 21 Aug 2025 02:37
Last Modified: 21 Aug 2025 02:37
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3439

Actions (login required)

View Item View Item