Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

LITERASI MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 72 PALEMBANG

Azizah, Intan Nur (2025) LITERASI MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 72 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Abstrak indonesia.pdf

Download (65kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (190kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika siswa kelas IV SD Negeri 72 Palembang pada materi pembagian. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian berupa tes soal cerita yang telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan literasi matematika siswa berada pada kategori cukup dengan rata-rata nilai 68,83. Sebanyak 20% siswa memiliki kemampuan sangat baik, 26% baik, 23,3% cukup, dan 30% rendah. Berdasarkan indikator, kemampuan siswa dalam memecahkan dan merumuskan masalah tergolong rendah (44%), sedangkan dalam menerapkan konsep atau prosedur matematika (65%) serta menjelaskan penyelesaian dan menafsirkan kesimpulan (62%) tergolong cukup. Temuan ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa belum merata pada semua indikator dan masih perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang lebih kontekstual, interaktif, serta menekankan pada pemecahan masalah nyata agar siswa dapat mengembangkan kemampuan literasi matematika secara optimal dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorFuadiah, Nyiayu FahrizaUNSPECIFIED
ContributorUtomo, BudiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 06
Date Deposited: 21 Aug 2025 02:34
Last Modified: 21 Aug 2025 02:34
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3435

Actions (login required)

View Item View Item