Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Visual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPAS Siswa Kelas V SD

Ayu Diah Syahri, Adinda (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Visual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPAS Siswa Kelas V SD. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
cover.pdf

Download (393kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - indonesia.pdf

Download (201kB)
[img] Text
f. Bab I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media visual terhadap kemampuan pemecahan masalah IPAS siswa kelas V di SD Negeri 158 Palembang. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Sampel terdiri dari 55 siswa, yang terbagi menjadi dua kelas: kelas eksperimen (Vb) sebanyak 27 siswa dan kelas kontrol (Va) sebanyak 28 siswa. Instrumen penelitian berupa soal esai posttest digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil posttest menunjukkan bahwa siswa di kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,85, lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang memperoleh rata-rata 58,14. Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media visual terhadap kemampuan pemecahan masalah IPAS siswa. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan model pembelajaran yang interaktif dan berbasis visual dapat meningkatkan pemahaman konsep serta keterampilan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, guru disarankan untuk mengintegrasikan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan media visual dalam proses pembelajaran IPAS guna meningkatkan efektivitas hasil belajar. Kata Kunci: Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Media Visual, Kemampuan Pemcahan Masalah, IPAS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHera, TrenyUNSPECIFIED
ContributorGunawan, HendriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 11
Date Deposited: 21 Aug 2025 01:58
Last Modified: 21 Aug 2025 01:58
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3418

Actions (login required)

View Item View Item