Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

METODE QUANTUM LEARNING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VI SEKOLAH DASAR

BELA YUNIKA, PUTRI (2024) METODE QUANTUM LEARNING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VI SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. COVER + HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (34kB)
[img] Text
A. ABSTRAK-INDONESIA.pdf

Download (82kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu berlatar belakang dari masa peralihan anak menuju remaja yaitu kelas VI. Anak pada tahap ini sangat suka untuk belajar berkelompok dan saling berinteraksi yang melibatkan dirinya dengan orang lain sehingga metode quantum learning dipakai untuk menjadi metode pembelajaran. namun seringkali anak belum memahami makna berkelompok tersebut sehingga materi Ilmu Pengetahuan sosial dipakai dalam penelitian ini. Anak dalam masa peralihan harus memiliki kecerdasan interpersonal yang berguna untuk memahami orang disekitarnya misalnya interaksi dalam kelompok belajar. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui bagaimana hasil analisis kecerdasan siswa dengan metode quantum learning pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas VI Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kecerdasan interpersonal siswa kelas VI.A di SD Negeri 92 Palembang. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI.A di SD Negeri 92 Palembang. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data langsung yang diperoleh dari guru dan siswa di SD Negeri 92 Palembang. Teknik pengemumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Sedangkan teknik analisis data meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian hasil analisis kecerdasan interpersonal siswa dengan metode quantum learning pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas VI.A di SD Negeri 92 Palembang memperoleh nilai sebesar 69,58 sehingga termasuk kedalam katagori cukup baik..

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorRamanata, DisuryaNIDN0225126601
ContributorFarizal, ImansyahNIDN0212028703
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:03
Last Modified: 22 Jul 2024 02:03
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/341

Actions (login required)

View Item View Item