Syaharani, Regina (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KETERAMPILAN BERBAHASA SISWA DI SD NEGERI 170 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK (INDONESIA)_REGINA.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
BAB I_REGINA.pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (409kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap keterampilan berbahasa siswa. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbahasa siswa di kelas. Penelitian ini menggunakan True Experimental Design, jenis penelitian Posttest Only Control Design. Subjek penelitian dengan cluster sampling yaitu 65 siswa dibedakan menjadi kelas eksperimen (V.B 32 siswa) dan kelas kontrol (V.A 33 siswa), dengan teknik pengumpulan data berupa posttest dan angket. Uji analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U (non parametrik) 0,000 < sig 0,05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Selain itu, melalui hasil angket menunjukkan kelas eksperimen memiliki persepsi yang lebih positif dibandingkan kelas kontrol. Maka, disimpulkan adanya pengaruh model pembelajaran inside outside circle terhadap keterampilan berbahasa di SD Negeri 170 Palembang. Kata Kunci: Inside Outside Circle, Keterampilan Berbahasa, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 38 | |||||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2025 04:38 | |||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2025 04:38 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3397 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |