Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN VERBAL SISWA DI SD NEGERI 1 SUNGAI BUNGIN

Nopita, Weni (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN VERBAL SISWA DI SD NEGERI 1 SUNGAI BUNGIN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
cover.pdf

Download (157kB)
[img] Text
a. Abstrak-Indonesia.pdf

Download (173kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan verbal siswa sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 36 siswa kelas IV SD Negeri 1 Sungai Bungin yang terbagi dalam dua kelas, yaitu IVa dan IVb, masing-masing terdiri dari 18 siswa. Media pembelajaran interaktif yang digunakan dalam penelitian ini berupa video pembelajaran interaktif yang dirancang untuk merangsang keterlibatan dan respons verbal siswa. Instrumen pengumpulan data berupa tes kemampuan verbal yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kemampuan verbal siswa, di mana rata-rata nilai pretest sebesar 40,44 meningkat menjadi 83,33 pada posttest. Temuan ini membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif, khususnya dalam bentuk video pembelajaran, berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan verbal siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMisdalina, MisdalinaUNSPECIFIED
ContributorAbdullah, Bz SepteiyawanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 01
Date Deposited: 28 Jul 2025 04:59
Last Modified: 28 Jul 2025 04:59
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3380

Actions (login required)

View Item View Item