Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD

Deswita, Astri (2025) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (38kB)
[img] Text
ABSTRAK - INDONESIA.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan video interaktif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPAS materi organ pernapasan manusia di kelas V SD Negeri 90 Palembang Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V di SD Negeri 90 Palembang yang berjumlah 44 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel seluruh populasi yang dibagi ke dalam dua kelas pembelajaran yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model Contextual Teaching and Learning berbantuan video interaktif, sedangkan kelas kontrol menggunakan model Contextual Teaching and Learning. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif berupa soal essay sejumlah 10 butir soal. Soal yang diuji coba sudah di validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-Test, yang sebelumnya sudah melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas eksperimen sebesar 81,23 (sangat baik), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 70,14 (baik). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai t_hitung = 3,280 lebih besar dari t_tabel = 2,018 pada taraf signifikansi 0,05, yang berarti Ho ditolak. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model CTL berbantuan video interaktif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPAS. Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Video Interaktif, Kemampuan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorRohana, RohanaUNSPECIFIED
ContributorGunawan, HendriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 39
Date Deposited: 28 Jul 2025 04:55
Last Modified: 28 Jul 2025 04:55
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3374

Actions (login required)

View Item View Item