Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP IPAS MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS IV SDN 02 RANTAU ALAI

APRIANI, ELDA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP IPAS MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS IV SDN 02 RANTAU ALAI. Skripsi thesis, UNIVPERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
cover.pdf

Download (272kB)
[img] Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (78kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep IPAS materi perubahan wujud benda di kelas IV SDN 02 Rantau Alai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi-experimental design) dalam bentuk Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model Discovery Learning dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes esai yang disusun berdasarkan indikator berpikir kritis dan telah melalui proses validasi. Rumusan hipotesis dalam penelitian ini adalah H₀: tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dan Hₐ: terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil analisis data menggunakan uji Independent Samples T-Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai signifikansi sebesar < 0.001. Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan selisih sebesar 18.680 poin. Temuan ini menunjukkan bahwa model Discovery Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa serta direkomendasikan sebagai pendekatan alternatif dalam pembelajaran IPAS. Kata Kunci: Discovery Learning, Berpikir Kritis, IPAS, Perubahan Wujud Benda

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNURANISA, NURANISAUNSPECIFIED
ContributorROBERT, BUDI LAKSANAUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 22
Date Deposited: 28 Jul 2025 04:37
Last Modified: 28 Jul 2025 04:37
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3349

Actions (login required)

View Item View Item