SISKA NARA, SHINTA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PEMBELAJARAN IPA SD KELAS V SD NEGERI 69 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
D. COVER + HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (41kB) |
|
Text
A. ABSTRAK-INDONESIA.pdf Download (8kB) |
|
Text
F. BAB I.pdf Download (284kB) |
|
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (260kB) |
Abstract
Penelitian pengembangan media scrapbook untuk meningkatkan kreativitas pembelajaran IPA SD kelas V SD Negeri 69 Palembang ini bertujuan untuk menghasilkan media scrapbook materi suhu dan kalor yang valid, praktis, dan meningkatkan kreativitas pembelajaran untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam pebelitian dan pengembangan (research and development). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD yang berjumlah 23 siswa. Media scrapbook yang di kembangkan menggunakan model ADDIE dengan 5 tahap yaitu analisis, desain, development, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan hasil belajar siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif, dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media scrapbook untuk meningkatkan kreativitas pembelajaran IPA SD yang dilakukan oleh peneliti dinyatakan valid berdasarkan penilian dari 3 validator, dinilai dari keseluruhan aspek 6 yaitu, desain, bahan baku, manfaat media,isi materi, manfaat materi, dan bahasa dengan memperoleh presentase 96,93% (sangat valid). Media scrapbook untuk meningkatkan kreativitas pembelajaran IPA SD yang telah di kembangkan di nyatakan praktis berdasarkan angket respon perserta didik yang di peroleh rata-rata 96,2% (sangat praktis), angket small group di peroleh rata-rata 95,5% (sangat praktis). Media scrapbook untuk meningkatkan kreativitas pembelajaran IPA SD yang telah di kembangkan di nyatakan meningkatkan kretivitas pembelajaran pada siswa memperoleh presentase 92,5%(sangat kreativ). Dan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media scrapbook untuk meningkatkan kreativitas pembelajaran IPA SD kelas V SD Negeri 69 Palembang di nyatakan valid, praktis, dan dapat meningkatkan kreativitas pembelajaran SD.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2024 02:00 | |||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2024 02:00 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/334 |
Actions (login required)
View Item |