Soleha, Ayu (2025) PENGARUH EDUKASI MEDIA PUZZLE TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 36 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
AYU COVER (1).pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK. INDONESIA. AYU SOLEHA.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
BAB 1 Ayu.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA Ayu.pdf Download (277kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh media puzzle terhadap minat belajar matematika siswa kelas III di Sekolah Dasar Negeri 36 Palembang pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Objek penelitian ini adalah 40 siswa kelas III. Penelitian ini menerapkan metode eksperimen dengan kelas percobaan yang mendapatkan perlakuan menggunakan media puzzle dan kelas kontrol yang menerapkan metode konvensional. Informasi diperoleh melalui uji awal (pretest) dan uji akhir (posttest) dengan memanfaatkan kuesioner dan pertanyaan dasar. Hasil analisis statistik deskriptif mengindikasikan bahwa rata-rata nilai minat belajar pada kelompok eksperimen meningkat dari 63,50 (pretest) menjadi 83,35 (posttest), sedangkan kelompok kontrol hanya mengalami peningkatan dari 65,00 (pretest) menjadi 70,10 (posttest). Uji normalitas Shapiro-Wilk menunjukkan bahwa seluruh data, baik pretest maupun posttest pada kedua kelompok, terdistribusi secara normal (nilai Sig. > 0,05). Uji homogenitas Levene's Test juga menunjukkan bahwa varians data adalah konsisten (nilai Sig. > 0,05). Pengujian hipotesis dengan Paired Samples T- Test pada kelompok eksperimen menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest (Sig. 0,000 < 0,05). Sementara itu, Uji T Sampel Independen membandingkan posttest dari kedua kelompok, menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), di mana nilai posttest kelompok eksperimen secara signifikan lebih tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media puzzle memberikan dampak positif dan signifikan dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas III di Sekolah Dasar Negeri 36 Palembang dibandingkan pembelajaran tanpa menggunakan media. Media puzzle terbukti efektif dalam menarik minat siswa, melatih kemampuan berpikir logis, keterampilan menghitung, dan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan. Kata kunci : Minat belajar, matematika, media puzzle, siswa sekolah dasar, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 31 | |||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:50 | |||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:50 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3278 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |