YEDER, SELVE (2025) ANALISIS PENGELOLAAN RUANG KELAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SDN 1 UJUNG TANJUNG KEC. TULUNG SELAPAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
COVER SELVE.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK SELVE.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAK SELVE.pdf Download (204kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan ruang kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa di SDN 1 Ujung Tanjung, Kecamatan Tulung Selapan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik deskriptif analisis melalui pengumpulan data lapangan. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh melalui angket kepada 30 siswa kelas III A dan wawancara dengan wali kelas, serta data sekunder dari dokumen sekolah dan literatur pendukung. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan ruang kelas yang memperhatikan aspek visibilitas, aksesibilitas, fleksibilitas, dan kenyamanan memberikan dampak positif terhadap minat belajar siswa. Siswa merasa lebih senang, tertarik, fokus, dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Penataan ruang yang mendukung interaksi serta penggunaan media pembelajaran yang variatif turut memperkuat daya tarik dan perhatian siswa dalam belajar. Oleh karena itu, pengelolaan ruang kelas yang optimal terbukti menjadi faktor penting dalam meningkatkan minat belajar siswa di sekolah dasar. Kata Kunci: Pengelolaan ruang kelas, minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 36 | |||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:32 | |||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:32 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3260 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |