Agustini, Tri (2023) Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Di TK Islam Al Ittifaqiah Indralaya. tesis thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
D. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
A. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (2MB) |
|
Text
F. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Abstrak Penelitian Tindakan kelas merupakan salah satu upaya yang dapat ditempuh oleh guru/peneliti untuk menguji efektivitas sebuah metode pembelajaran dan mengukur kemampuan siswa dalam perlakuannya di dalam sebuah kelas penelitian. Berdasarkan pada rendahnya kemampuan berbahasa siswa pada siswa TK Islam Ittifaqiah Indralaya yang pada observasi awal hanya 25% siswa saya yang memiliki kemmapuan berbahasa yang cukup baik, Peneliti kemudian melakukan PTK dengan menggunakan metode bercerita. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus yang di setiap siklusnya akan dilakukan dua kali tindakan. Berdasarkan hasil pada tindakan pertama siklus I dicapai peningkatan 60% yang kemudian dilanjutkan ke dengan tindakan ke dua siklus I yang berhasil mencapai peningkatan sebesar 85%. Pada Tindakan pertama siklus II, target penelitian 90% berhasil dilampaui menjadi 95% atau menyisakan 1 orang siswa yang belum mencapai KKM yang ditentukan. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan jika metode bercerita berhasil meningkatkan kemampuan berbahasa siswa TK Islam Ittifaqiah Indralaya. Kata Kunci: Penelitian Tindkan Kelas, Metode Bercerita, siswa TK Islam Ittifaqiah Indralaya.
Item Type: | Thesis (tesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics | |||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | Selvi Puspitasari | |||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2024 03:28 | |||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2024 03:28 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/326 |
Actions (login required)
View Item |