Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MODUL AJAR IPAS MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA KELAS IV SDN 228 PALEMBANG

NENI, NURHAYATI (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR IPAS MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA KELAS IV SDN 228 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER & L. PENGESAHAN-1.pdf

Download (70kB)
[img] Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB I-1.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-2.pdf

Download (49kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk modul ajar IPAS materi Indonesiaku kaya budaya kelas IV SD yang valid (2) menghasilkan produk modul ajar IPAS materi Indonesiaku kaya budaya kelas IV SD yang efektif. Analisis kebutuhan penelitian ini yaitu siswa masih menggunakan bahan ajar modul yang kurang lengkap dari segi materi dan gambar yang menarik sehingga proses pembelajaran kurang maksimal dan membuat siswa menjadi jenuh pada saat proses pembelajar berlangsung. Dengan begitu diperlukan sebuah pengembangan Modul ajar agar siswa lebih memahami materi Indonesiaku Kaya Budaya dan dapat membantu siswa belajar secara mandiri dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaliation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 228 Palembang dengan jumlah sebanyak 22 siswa. Kriteria kualitas modul ajar IPAS materi Indonesiaku kaya budaya yang dapat dilihat dari hasil validasi ahli materi, Bahasa, dan media. Hasil kevalidan modul berdasarkan validasi ahli materi sebesar 89,63% dikategorikan valid, validasi ahli Bahasa sebesar 91,86% dikategorikan sangat valid, validasi ahli media sebesar 91,86% dikategorikan sangat valid, validasi oleh pendidik (Guru) sebesar 100% dikategorikan sangat valid dan validasi keefektifan 86,36% dikategorikan sangat efektif. Lalu penilaian angket respon siswa adalah 84% dikategorikan sangat baik, kemudian penilaian angket respon guru 96% dikategorikan sangat sangat baik. Berdasarkan yang telah dipaparkan bahwa modul ajar IPAS materi Indonesiaku kaya budaya sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorSukardi, SukardiNIDN0001076301
ContributorNugroho, N.A.DNIDN0213118702
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 22 Jul 2024 01:54
Last Modified: 22 Jul 2024 01:54
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/325

Actions (login required)

View Item View Item