SAPUTRA, ARDIAN (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI STATISTIKA UNTUK SISWA KELAS X SMA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
Coverr.pdf Download (61kB) |
![]() |
Text
Abstrakk.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (422kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (272kB) |
Abstract
Banyak siswa yang masih kesulitan memahami konsep dasar pada materi statistika terutama pada mean, median, dan modus. Kesulitan ini disebabkan karena kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, perlu adanya media pembelajaran yang memfasilitasi dan memudahkan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis Google Sites pada materi statistika untuk siswa kelas X SMA yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Metode penelitian yang digunakan adalah Reaserch and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen validasi, angket respon siswa, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap analyze diperoleh bahwa media pembelajaran berbasis Google Sites dibutuhkan untuk memfasilitasi dan memudahkan siswa mempelajari materi ukuran pemusatan data. Pada tahap design, dihasilkan rancangan media pembelajaran matematika berbasis Google Sites pada materi statistika untuk siswa kelas X SMA. Selanjutnya, pada tahap development media pembelajaran dilakukan validasi kepada validator, diperoleh persentase hasil penilaian sebesar 91,21% pada kategori sangat valid. Kemudian, media pembelajaran dilakukan uji coba small group, diperoleh persentase hasil penilaian angket respon siswa sebesar 91,11% pada kategori sangat praktis. Setelah itu dilanjutkan tahap implementation, media pembelajaran digunakan dalam proses pembelajaran sebanyak tiga kali pertemuan yang melibatkan satu kelas. Terakhir, pada tahap evaluation dilakukan analisis hasil tes belajar siswa untuk mengukur efek potensial media pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa media pembelajaran dinyatakan memiliki efek potensial dengan persentase hasil belajar sebesar 93,75% pada kategori sangat baik. Kata kunci: Statistika, Google Sites, Media Pembelajaran, Pengembangan
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Repo User 176 | |||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:24 | |||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:24 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3232 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |