Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH LITERASI DIGITAL BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SD NEGERI 225 PALEMBANG

Khairani, Fatmawati Dwi (2025) PENGARUH LITERASI DIGITAL BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SD NEGERI 225 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COPER.pdf

Download (141kB)
[img] Text
abstrak indonesia dwi.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB I dwi.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dwi.pdf

Download (79kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital berbasis etnosains melalui platfrom linktree terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 225 Palembang dengan materi Indonesiaku Kaya Hayatinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain posttest-only control design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas V A dan kelas V B, dengan jumlah 64 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas kontrol nilai rata-rata posttest sebesar 60,62. Data ini mengindikasikan bahwa hasil belajar kelas kontrol belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal, yaitu 75. Sedangkan pada kelas eksperimen, nilai rata-rata posttest sebesar 70, yang berarti hasil belajar kelas eksperimen telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Uji normalitas menunjukkan bahwa data posttest kedua kelompok siswa, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen, memiliki sebaran yang berdistribusi normal dengan nilai signifikansi masing-masing 0,295 pada kelas kontrol dan 0,295 pada kelas eksperimen. Hasil uji homogenitas menunjukkan nilai sebesar 0,788, yang lebih besar dari 0,05, sehingga dapat dinyatakan homogen. Pada uji hipotesis dengan uji t independen (independent sample t-test), diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,020, yang lebih kecil dari 0,025. Oleh karena itu, hipotesis nol (H₀) ditolak dan hipotesis alternatif (Hₐ) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan literasi digital berbasis etnosains melalui platfrom linktree terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 225 Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorAryaningrum, KikiUNSPECIFIED
ContributorSunedi, SunediUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 199
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:42
Last Modified: 15 Jul 2025 07:42
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3106

Actions (login required)

View Item View Item