Andriani, Juhai Ria (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PINTAR PANCASILA TERHADAP PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA SISWA KELAS III SD. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
|
Text
cover skripsi.pdf Download (78kB) |
|
|
Text
A. ABSTRAK BHS INDOOO.pdf Download (125kB) |
|
|
Text
F. BAB I .pdf Download (200kB) |
|
|
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media papan pintar pancasila terhadap pemahaman nilai-nilai pancasila siswa kelas III SD. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan True Eksperimental Design Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III A dan III B SDN 4 sumber marga telang yang berjumlah 50 orang. Untuk pengambilan sampel menggunakan teknik sampling Total dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel .Berdasarkan nilai posttest rata-rata yang diperoleh kelas kontrol sebesar 72,80 dan kelas eksperimen sebesar 81,20. Pengujian hipotesis data penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test dengan kriteria pengujian hipotesis yaitu jika thitung > ttabel. Diperoleh dengan nilai yaitu thitung =2.104 > ttabel = 1.677 dan sig. (2-tailed) = 0.041 < 0,05 maka dari perhitungan tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak atau hipotesis menyatakan bahwa terbukti ada pengaruh penggunaan media papan pintar pancasila terhadap pemahman nilai-nilai pancasila siswa kelas III SD. Kata Kunci: Papan pintar pancasila, pemahaman nilai-nilai pancasila
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
|||||||||
| Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
| Depositing User: | Repo User 25 | |||||||||
| Date Deposited: | 15 Jul 2025 06:40 | |||||||||
| Last Modified: | 15 Jul 2025 06:40 | |||||||||
| URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3094 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
