Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MEDIA KOPERGI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SDN 1 PERIGI

Ramadani, Rada (2025) PENGARUH MEDIA KOPERGI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SDN 1 PERIGI. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (520kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media KOPERGI terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 1 Perigi pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya pada operasi hitung bilangan cacah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang terdiri dari 40 siswa, dengan pembagian 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 15 soal. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 3,250 dimana ttabel= 2,024 dengan dan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05. Sehingga thitung ≥ttabel maka Ha diterima dan Ho di tolak maka ada pengaruh yang signifikan penggunaan media KOPERGI terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas III SDN 1Perigi. Kata kunci: Media KOPERGI, Hasil Belajar, Matematika, Perkalian dan Pembagian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMisdalina, MisdalinaUNSPECIFIED
ContributorJaya, Melida Puspita SariUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 38
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:50
Last Modified: 15 Jul 2025 02:50
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3065

Actions (login required)

View Item View Item