Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM KARTUN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA SEKOLAH DASAR

Septiana, Septiana (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM KARTUN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (155kB)
[img] Text
abstrak b.indonesia.pdf

Download (285kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (547kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (530kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian adalah bahwa kurangnya kemampuan dalam keterampilan menyimak pada siswa kelas III di SD Negeri 7 Banyuasin 1 dengan baik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media film kartun terhadap keterampilan menyimak siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan menggunakan rancangan desain One Group Pretest-Posttest design. Populasi penelitian yaitu 23 siswa. Teknik pengumpulan dalam penelitian menggunakan tes. Instrumen yang digunakan tes soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest lebih besar dari pada nilai rata-rata pretest (82,04 > 63,43). Kemudian nilai thitung lebih besar dari ttabel ( 11,603 > 2,807). Dengan nilai sig ( 2 t-tailed) lebih kecil dari 0,05 sebesar 0,000 < 0,05 dengan hasil hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan media film kartun berpengaruh terhadap keterampilan menyimak siswa sekolah dasar. Kata Kunci : Keterampilan Menyimak, Media Film Kartun, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHetilaniar, HetilaniarUNSPECIFIED
ContributorSari, Purnama SyskaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 65
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:42
Last Modified: 15 Jul 2025 02:42
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3048

Actions (login required)

View Item View Item