Zahirah, Nadia (2025) PENGARUH PROJECT BASED LEARNING DALAM PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS V DI SDN 176 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
cover.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah permasalahan rendahnya tingkat kreativitas siswa serta kurangnya motivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Negeri 176 Palembang. Adapun pun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Project Based Learning dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap kreativitas siswa pada materi bertemakan kewirausahaan dengan topik proyek “belajar menjadi pengusaha” (Membuat kerajinan tangan dari barang bekas), dengan subjek penelitian siswa kelas V di SD Negeri 176 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode True Experimental Design dengan Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu berupa observasi, wawancara, tes angket (kuesioner), lembar penilaian kreativitas produk, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis uji Kolmogorov-Smirnov dan Shapiro-Wilk menunjukan bahwa nilai (Sig.) > 0,05 artinya data berdistribusi normal. Kemudian dari hasil analisis uji homogenitas menunjukkan bahwa nilai sig. 0,249 artinnya data bersifat homogen. Selanjutnya, data angket kreativitas di analisis dengan uji Independent Sample T-test yang menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan dengan pernyataan “ Adanya Pengaruh Project Based Learning Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Kreativitas Siswa Kelas V Di SD Negeri 176 Palembang”. Kata Kunci : Kreativitas, Project Based Learning (PjBL), P5
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 31 | |||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 02:33 | |||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 02:33 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3032 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |