Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERBASIS BUDAYA PALEMBANG TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI SOAL CERITA SD NEGERI 58 PALEMBANG

Antely, Ikara (2025) PENGARUH MODEL PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERBASIS BUDAYA PALEMBANG TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI SOAL CERITA SD NEGERI 58 PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PAGRI PALEMBANG.

[img] Text
PENGARUH MODEL PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK IND.pdf

Download (86kB)
[img] Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
DAFTAR PUSATAKA.pdf

Download (122kB)

Abstract

Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) adalah suatu metode yang mengajak siswa untuk secara mandiri menemukan kembali ide, konsep, dan prinsip matematika yang dapat diterapkan dalam mengatasi berbagai permasalahan matematika. permasalahan yang peneliti temukan yaitu pada proses pembelajaran siswa terhadap kemampuan siswa memahami soal cerita pada materi bangun datar siswa kurang paham sehingga hasil belajar siswa pun masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada Pengaruh Model Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dengan Budaya Palembang terhadap kemapuan siswa memehami soal cerita SD Negeri 58 Palembang Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan teknik pengumpulan data menggunakan data tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t. hasil kemampuan siswa menggunakan model Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Berdasarkan hasil perhitungan uji independent sample t-test diperoleh hasil bahwa nilai thitung 22,045 > nilai ttabel 1,711 dan nilai signifikan Sig (2-tailed) 0,000 dan nilai taraf signifikan a 0,05 dengan demikian 0,000<0,05 sehingga Ho di tolak dan Ha di terima. (Dapat disimpulkan terdapat Pengaruh Model Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Berbasis Budaya Palembang terhadap kemapuan siswa memehami soal cerita SD Negeri 13 Palembang ). Kata kunci: Model Pembelajaran, PMRI,Kemampuan Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorA., HERYANTOUNSPECIFIED
ContributorSUNEDI, SUNEDIUNSPECIFIED
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 01
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:04
Last Modified: 15 Jul 2025 02:04
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2994

Actions (login required)

View Item View Item