Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SBDP KELAS V SDN 94 PALEMBANG

Melanti, Rindu Melanti (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SBDP KELAS V SDN 94 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER RINDU.pdf

Download (129kB)
[img] Text
abstrak bahasa indonesia word.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB I Rindu .pdf

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Rindu.pdf

Download (206kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan video terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN 94 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. populasi penelitian terdiri dari 48 siswa kelas V yaitu kelas, eksperimen yang menggunakan model flipped classroom berbantuan video dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis data mengunakan uji prasyarat, normalitas Seluruh data pretest dan posttest pada kelompok kontrol dan eksperimen dinyatakan berdistribusi normal karena nilai signifikansi ≥ 0,05. Dan Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukan bahwa nilai Nilai sig 0,126 0,05 maka data dinyatakan homogen hasil uji Independent Samples t-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0.000 ≤ 0.05, dan |t hitung| = -6.260 > t tabel = 2.013. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima. menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa di kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran flipped classroom berbantuan video berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Temuan ini merekomendasikan penggunaan model ini sebagai alternatif inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Kata kunci : Eksperimen, Flipped Classroom, SBDP, Video

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorTreny, HeraUNSPECIFIED
ContributorHendri, GunawanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 199
Date Deposited: 11 Jul 2025 02:27
Last Modified: 11 Jul 2025 02:27
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2864

Actions (login required)

View Item View Item