Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 30 PALEMBANG

SEPTIANA, SEPTIANA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 30 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER SKRIPSI Septiana.pdf

Download (71kB)
[img] Text
ABSTRAK SKERIPSI Septiana.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I Skripsi Septiana.pdf

Download (232kB)
[img] Text
DAPUS SKRIPSI Septiana.pdf

Download (182kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan Model pembelajaran multiliterasi terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SD Negeri 30 Palembang. Model pembelajaran multiliterasi mengusung konsep integrasi berbagai bentuk literasi termasuk literasi teks, visual, digital, dan media guna menciptakan proses belajar yang lebih dinamis, bermakna, dan sesuai dengan tuntutan era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment), dan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok control, Pengumpulan data dilakukan melalui tes objektif berbentuk pilihan ganda untuk mengukur capaian belajar siswa. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Rata-rata nilai tes siswa di kelas eksperimen sebesar 71,94, lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang memperoleh rata-rata 52,58. Uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001, dengan nilai a = 0,05 sehingga 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menerapkan model pembelajaran multiliterasi berbantu media audio visual berkontribusi positif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia di bandingkan dengan model pembelajaran konvesional. Kata Kunci: hasil belajar, multiliterasi, pembelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorJaya, AswadiUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDPrasrihamni, MegaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 24
Date Deposited: 10 Jul 2025 03:37
Last Modified: 10 Jul 2025 03:37
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2827

Actions (login required)

View Item View Item