Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH METODE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA BERDASARKAN GENDER DI SD NEGERI 3 PENUKAL UTARA

Fhidia, Trisna (2025) PENGARUH METODE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA BERDASARKAN GENDER DI SD NEGERI 3 PENUKAL UTARA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER SKRIPSI FHIDIA.pdf

Download (77kB)
[img] Text
ABSTRAK FHIDIA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB I FHIDIA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sekolah dasar berdasarkan gender. Metode yang digunakan pada penelitian ini metode eksperimen dengan desain posstest-only control grup design. Subjek pada penelitian ini terdiri dari dua kelas V di SD Negeri 3 Penukal Utara, yaitu kelas eksperimen yang diberikan dengan metode jigsaw dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes uraian untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hasil analisis data menggunakan uji ANAVA dua jalur menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan pada metode jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; (2) tidak terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan gender siswa; (3) tidak terdapat interaksi antara metode jigsaw dan gender terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: Metode Jigsaw, Gender, Pemahaman konsep matematis, siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNila, KesumawatiUNSPECIFIED
ContributorNugroho, N.A.DUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 20
Date Deposited: 03 Jul 2025 07:47
Last Modified: 03 Jul 2025 07:47
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2766

Actions (login required)

View Item View Item