Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAS DI SD NEGERI 42 PALEMBANG

Amelia, Putri Dea (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAS DI SD NEGERI 42 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER PUTRI DEA.pdf

Download (126kB)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)

Abstract

Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS pada kelas IV SD. Penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif dengan bentuk penelitian metode quasi-eksperimental dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model problem based dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvesional. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar yang telah di validasi. Hasil analisis data menunjukan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 72,16 lebih tinggi dibanding nilai rata-rata posttes kelas kontrol sebesar 60,8. Hal ini berarti terjadi peningkatan dalam penerapan model problem based learning. Hasil uji hipotesis yaitu uji independent simple t-test yang diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu 6,319 > 2,660 yang berarti bahwa ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar. Hal ini menunjukan bahwa model problem based berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar IPAS materi Kerajaan bercorak hindu buddha. Dengan demikian, model pembelajaran problem based learning direkomendasikan sebagai pembelajaran yang aktif. Kata kunci : Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar IPAS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHandayani, WidyaUNSPECIFIED
ContributorAradea, RiswanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 38
Date Deposited: 03 Jul 2025 07:26
Last Modified: 03 Jul 2025 07:26
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2724

Actions (login required)

View Item View Item