Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TOPIK CAHAYA DAN SIFATNYA UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 92 PALEMBANG

Pratama, Wahyu (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TOPIK CAHAYA DAN SIFATNYA UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 92 PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
COVER ONLY.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Abstrac Indo[1].pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (342kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di antaranya seperti bahan ajar yang dianggap tidak menarik dan belum menggunakan media pembelajaran. Modul ajar yang belum menyajikan konten menarik atau relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa dapat membuat mereka merasa bosan. Tujuan Penelitian ini ntuk mengembangkan modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan Project Based Learning (PjBL) topik cahaya dan sifatnya untuk siswa kelas V SD yang valid, praktis, efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (penelitian dan pengembangan) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian ini diperoleh skor untuk rata-rata ahli materi dosen & guru 88% dan 92% dengan kriteria “Sangat Valid” skor rata-rata ahli media 89% dengan kriteria “Sangat Valid” dan skor rata-rata ahli bahasa 90% dengan kriteria “Sangat Valid”. Hasil Kepraktisan oleh guru kelas diperoleh skor 91% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Hasil produk oleh kelompok One to One diperoleh skor rata-rata 89% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Selanjutnya untuk kelompok Small Group diperoleh skor rata-rata 89% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Dan terakhir tahap implementasi yaitu Field Test diperoleh skor rata-rata 82% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Hasil Keefektifan di peroleh dari Pretest dan posttest skor rata-rata 47% dan 85% di kategorikan Efektf 15 siswa tinggi dan 7 siswa sedang. Jadi pengembangan modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan project based learning topik cahaya dan sifatnya untuk siswa kelas V SD Negeri 92 Palembang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci : Pengembangan Modul Ajar, Pembelajaran Berdiferensiasi, Project Based Learning (PjBL),Cahaya dan Sifatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLubis, Patricia H. M.UNSPECIFIED
ContributorRiyanti, HenniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 11
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:58
Last Modified: 03 Jul 2025 06:58
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2714

Actions (login required)

View Item View Item