Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS EDUCANDY MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 233 PALEMBANG

Sari, Putri Permata (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS EDUCANDY MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 233 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (24kB)
[img] Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (635kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Educandy pada materi Asal Usul Bab 7 kelas IV SD yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket respon siswa. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Educandy yang dikembangkan dengan kategori sangat valid berdasarkan lembang angket validasi dari validator yang terdiri dari 2 dosen dan 1 guru SD 233 Palembang yang dinilai dari keseluruhan aspek yaitu media,bahasa dan materi dengan persentase yang di peroleh 97,91%. Media pembelajaran berbasis Educandy yang dikembangkan dengan kategori sangat praktis berdasarkan angket repos siswa dengan memperoleh persentase 94,69% (one to one) dan 94,60% (small group). Serta hasil respon angket keseluruhan siswa memperoleh persentase 92,63%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media berbasis Educandy dinyatakan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorWardiah, DessyNIM0225127701
ContributorPratama, AldoraNIM0223099301
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 11
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:50
Last Modified: 03 Jul 2025 06:50
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2705

Actions (login required)

View Item View Item