NIKMAH, NIKMAH (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR. tesis thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
D. COVER - PENGESAHAN.pdf Download (227kB) |
|
Text
A. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (98kB) |
|
Text
F. BAB I.pdf Download (183kB) |
|
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks berita dengan model problem based learning dan media gambar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus memiliki tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Waktu penelitian dimulai bulan Juli 2023 sampai dengan Agustus 2023. Objek penelitian adalah siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 1Tanjung Batu dengan jumlah 32 siswa. Dalam melakukan pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning dan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir dengan hasil yang dicapai pada siklus 1 rata-rata 70,13 dengan ketuntasan sebesar 43,8% dari 32 siswa dan pada siklus 2 pencapaian nilai rata-rata 79,43 dan ketuntasan belajar sebesar 93,8% dari 32 siswa. Artinya terjadi peningkatan sebesar 50%. Kata Kunci: Teks Berita, Problem Based Learning, Media Gambar.
Item Type: | Thesis (tesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics | |||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | Selvi Puspitasari | |||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2024 06:45 | |||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2024 06:45 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/270 |
Actions (login required)
View Item |